Sejarah

Riding The Experience for The Future

1992

Perusahaan didirikan dengan nama PT Tiga Pilar Sejahtera oleh 3 orang yaitu: Bapak Joko Mogoginta, Bapak Budhi Istanto dan Almarhum Bapak Priyo Hadisutanto. Produk utama adalah bihun kering dan mie kering.

1995

Seiring dengan meningkatnya permintaan, pada tahun 1995 Perusahaan mendirikan pabrik di Karanganyar, Jawa Tengah yang memiliki 7 lini produksi dengan kapasitas 30.000 ton per tahun.

2000

Perusahaan membangun pabrik makanan terpadu seluas 25 Ha di Sragen, Jawa Tengah untuk penyatuan seluruh fasilitas produksi Perusahaan sekaligus persiapan untuk pertumbuhan usaha di masa mendatang.

2001

Proses produksi dilakukan di pabrik baru yang berlokasi di Sragen, dimana unit produksi mie instan pun berdiri sejak saat itu dengan pelaksanaan proses produksi dan pemasaran yang dilakukan di awal 2002.

2002

Sistem manajemen dikembangkan guna memaksimalkan peningkatan produktivitas dan efisiensi berkelanjutan untuk masa yang akan datang. Di tahun ini, Perusahaan meraih sertifikasi ISO 9001:2000. Perusahaan juga mengeluarkan saham tanpa HMETD dengan nilai nominal Rp 200 per saham dan mengeluarkan obligasi konversi sebesar Rp 60 miliar.

2003

Perusahaan tercatat sebagai perusahaan terbuka di Bursa Efek Indonesia melalui proses backdoor listing yaitu mengakuisisi PT Asia Inti Selera dan melakukan Penawaran Umum Terbatas I dengan kode perdagangan saham AISA. Perusahaan berubah nama menjadi PT Tiga Pilar Sejahtera Food, Tbk (“TPSF”).

2007

TPSF membuat perubahan logo untuk menyamakan visi dan misi.

2008
  • TPSF Melakukan Penawaran Umum Terbatas II.
  • TPSF melakukan akuisisi terhadap PMI yang bergerak di bidang makanan manis, biscuit dan snack.
  • TPSF memperoleh penghargaan sebagai Emiten Industri Barang Konsumsi Terbaik dari ajang Bisnis Indonesia Award 2008 dan masuk ke dalam Indeks Kompas 100 pada Agustus 2008.
2009

TPSF merayakan ulang tahun ke-50 dan juga meraih berbagai penghargaan diantaranya Top 250 Indonesia Original Brands, Excellent Brand Award, dan 100 Surviving Companies.

2010
  • TPSF masuk ke bidang usaha beras dengan mengakuisisi PT Dunia Pangan (“DP”) yang bergerak di bidang perdagangan beras dan mengakuisisi pabrik beras PT Jatisari Srirejeki (“JSR”).
  • TPSF meraih penghargaan Top 250 Indonesia Original Brand, penghargaan Excellent Brand, penghargaan 10 CEO Terbaik, dan penghargaan Most Improved IICD Good Corporate Governance.
2011
  • TPSF Melakukan Penawaran Umum Terbatas III.
  • TPSF mengakuisisi pabrik beras dan merek beras milik PT Alam Makmur Sembada, yang kemudian menjadi aset PT Indo Beras Unggul.
  • TPSF melalui PT Balaraja Bisco Paloma (“BBP”) mengakuisisi fasilitas produksi biskuit di Balaraja, Tangerang.
  • TPSF mengakuisisi snack merek “Taro” beserta fasilitas produksinya dari PT Unilever Indonesia, Tbk.
2012

Terdapat aktivitas penting korporat dengan adanya akuisisi PT Subafood Pangan Jaya di TPS Food, akuisisi PT Sukses Abadi Karya Inti di TPS Rice, sehingga diharapkan dalam masa yang akan datang TPSF melalui divisi-divisi usahanya mampu terus berkembang, berinovasi, dan terus memberikan sumbangsih dan kontribusi bagi masyarakat, konsumen, dan investor melalui prinsip pertumbuhan organik dan an-organik.

2013
  • Perusahaan menerbitkan Obligasi TPS Food I Tahun 2013 senilai Rp600 miliar dan Sukuk Ijarah TPS Food I Tahun 2013 senilai Rp300 miliar.
  • Pengembangan fasilitas produksi pada kategori Makanan Dasar yakni mie kering dengan peningkatan kapasitas produksi sampai dengan 1.000 ton per bulan.
2014
  • Peresmian pabrik beras PT Sukses Abadi Karya Inti di Jawa Tengah, berkapasitas produksi 240.000 ton per tahun.
  • Perusahaan melalui PT Dunia Pangan mendirikan PT Tani Unggul Usaha (“TUU”) dan PT Swasembada Tani Selebes (“STS”).
2015
  • Anak perusahaan di Divisi Makanan yaitu PT Tiga Pilar Sejahtera menerima Sertifikat ISO 14001 : 2004 yang diterbitkan oleh Integrated Laboratory - IPB Environmental Management System Assurance (ILEA-IPB).
  • Anak Perusahaan di Divisi Makanan yaitu PT Tiga Pilar Sejahtera menerima Sertifikat OHSAS 18001: 2007 yang diterbitkan oleh URS (United Registrar of Systems) Certification.